Pages

Subscribe:

Selasa, 07 Februari 2012

Tata Cara Penyusunan Makalah & Karya Tulis



Oleh :
Rahmat Rijalun

Makalah   :   Pembahasan suatu masalah berdasarkan hasil kajian pustaka (teori) atau hasil pengamatan (penelitian).
v  Tahap-tahap Penyusunan Makalah
1.   Persiapan
a.  Mengumpulkan dan membaca buku-buku untuk memilih dan menentukan topik;
b.   Membaca buku-buku untuk memperluas pengetahuan yang berhubungan dengan topik yang telah terpilih mengembangkan kerangka makalah
2.   Penulisan
            Kegiatan pengembangan kerangka makalah menjadi sebuah makalah
3.  Pemeriksaan (Revisi)
            Pemeriksaan terhadap isi dan penggunaan  kata, kalimat, ejaan, dan tanda baca
v  Pertimbangan dalam Memilih Topik
Topik harus bermanfaat;
  1. Menarik dan sesuai dengan minat penulis;
  2. Topik harus dikuasai penulis;
  3. Tersedia sumber-sumber informasi dan bacaan
Contoh :
Topik                   :     Pemerintahan
Pembatas             :    Pemuda sebagai Calon Pemimpin
Topik Karangan   :     Pemuda sebagai Calon Pemimpin Pemerintahan Masa Depan
Judul Karangan   :     Pemuda sebagai Calon Pemerintahan Masa Depan

KERANGKA MAKALAH

BAB I   PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
1.2   Permasalahan
1.3   Tujuan
1.4   Metode Pengumpulan Data
1.5   Sistematika
BAB     II          PEMBAHASAN
BAB III             PENUTUP
3.1   Simpulan
3.2   Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I  
PENDAHULUAN
v  Latar Belakang
-      Pada bagian ini diungkapkan hal-hal yang melatarbelakangi pembuatan makalah atau Makalah.
-      Bagian ini mengungkapkan landasan pemikiran pemilihan judul atau permasalahan yang akan ditulis.
Contoh :
1.1   Latar Belakang
Pemilihan Umum merupakan kebutuhan bagi seluruh warga. Apalagi bagi bangsa Indonesia yang menganut asas demokrasi dalam pemerintahan.
Pada usia tertentu, 17 tahun ke atas, warga negara mempunyai hak dan  kewajiban ikut serta dalam pemilihan umum. Sampai sejauh mana pemilihan umum di Indonesia dilaksanakan, hal itulah yang akan diungkapkan dalam Makalah ini.
v  Tujuan
Bagian ini mengungkapkan tujuan yang ingin dicapai melalui Makalah tersebut.
Contoh :
1.2  Tujuan
          Sebagai warga negara dari sebuah negara yang demokratis, kita sepatutnya memiliki pemahaman tentang pemilihan umum. Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memperoleh gambaran yang memadai tentang sistem pemilihan umum di Indonesia. Di samping itu, Makalah ini disusun untuk melengkapi syarat mengikuti ujian akhir yang diwajibkan bagi siswa kelas           III SMP.
v  Pembatasan Masalah
-      Bagian ini mengungkapkan cakupan masalah yang akan dibahas. Masalah yang terlalu luas harus dibatasi supaya pembahasan lebih terfokus.
-      Pembatasan juga dapat berisi penjelasan tentang peristilahan yang digunakan dalam Makalah.
      Contoh :
1.3  Pembatasan Masalah
Masalah pemilihan umum sangatlah luas dan kompleks. Agar pembahasan lebih terarah, karya           tulis ini hanya membahas aspek sistemnya. Supaya tidak timbul kesalahpahaman, perlu kiranya dijelaskan pengertian  berbagai istilah yang digunakan dalam Makalah ini.
v  Metode Pengumpulan Data
-      Bagian ini menjelaskan berbagai teknik yang digunakan dalam pengumpulan data untuk penyusunan Makalah tersebut.
-      Pengumpulan data dapat dilakukan melalui pengamatan, angket, wawancara, dan membaca buku.

Contoh :
1.4   Metode Pengumpulan Data
Data yang dikemukakan dalam Makalah ini diperoleh melalui berbagai berbagai cara. Pertama, dengan membaca buku-buku sumber yang ada hubungannya dengan pemilihan umum. Kecuali buku, ada juga majalah, koran , dan berbagai brosur terbitan Lembaga Pemilihan Indonesia (LPI). Di samping itu, data juga diperoleh melalui wawancara dengan narasumber berkompeten.
v  Sistematika Penulisan
Pada bagian ini penulis dapat menjelaskan urutan bab demi bab.
Contoh :
1.5   Sistematika Penulisan
Makalah disusun dengan urutan sebagai berikut :
Bab I Pendahuluan, menjelaskan latar belakang, tujuan, pembatasan masalah, metode pengumpulan data, dan sistematika penulisan.
          

PENULISAN  ANGKA HALAMAN MAKALAH

Penulisan halaman isi, yang mencakup Bab I sampai Daftar Pustaka menggunakan angka Arab, yaitu 1,2,3,4,5 dan seterusnya. Letak angka halaman ini semuanya di kanan atas, kecuali pada halaman bab.

DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka   :   Daftar yang berisi buku, makalah, artikel, dan bahan bacaan lainnya yang dikutip atau digunakan sebagai sumber informasi dalam penulisan makalah.
                                Hal-hal yang diinformasikan dari sebuah buku dalam penulisan daftar pustaka, meliputi: (a) nama pengarang, (b) tahun penerbitan, (c) judul dan subjudul (jika ada), (d) tempat penerbitan, (e) nama penerbit.
v  Cara Menulis Daftar Pustaka
  1. Jika nama pengarang terdiri atas dua kata, kata kedua harus didahulukan. Misalnya, Amin Santoso ditulis Santoso, Amin. Di belakang nama diberi tanda titik (.). Nama gelar tidak perlu dicantumkan.
  2. Tahun terbit buku diakhiri tanda titik (.)
  3. Judul buku dan subjudul (kalau ada) ditulis miring atau diberi garis bawah per kata dan diakhiri tanda titik (.)
  4. Kota penerbit diakhiri tanda titik (.)
  5. Nama penerbit buku diakhiri tanda titik (.)
Contoh :
Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru.
Badudu, J.S.1981. Membina Bahasa Indonesia Baru. Seri 1, 2, 3. Bandung :             Pustaka Prima.
………. . 1981. Kamus Ungkapan Bahasa Indonesia. Cetakan ke-9. Bandung :              Pustaka Prima.
Moeliono, Anton M., dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta : Depdikbud.
Wijaya, Marlina dan Euis Honiatri. 1997. Intisari Tata Bahasa Indonesia untuk SLTP. Bandung :  Pustaka Setia.

22 komentar:

Anonim

thanks so much
bermanfaat buat newbie yg g mau repot..
:D

joko vich

Informasinya sangat membantu

AZKA (inAZ mudriKA)

sipp..

saprandylasimpala

thanks atas infonya mas bro..

neli dhelete
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Anonim

jozzz............

Anonim

jozzz............

Obat Kuat

saya sering berkunjung di blog blog, postingan ini sangat menarik serta enak di baca tentang tata cara penyusunan makalah dan karya tulis.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Anonim

makasih ilmunya, sangat membantu... :D

Obat Pemutih Ketiak dan Selangkangan Herbal

artikel tentang tata cara penyusunan makalah dan karya ilmiah ini sangat bermanfaat sekali. semoga terus menginspirasi. trims ya

Elliza Titin Gumalasari

Thank's infonya :)
Membantu nih

Anonim

thanks gan bermanfaat banget..

Anonim

untuk daftar pustaka yang sumbernya diambil lewat internet itu bagaimana ?

Anonim

makasih banyak postingannya:D tugas makalahku jadi cepat selesai deh(^u^)/ lagian aku bingung baru smp udah disuruh bikin makalah:(

Anonim

daftar pusaka itu disuruh tulis sumber-sumbernya dari mana aja.
contoh:
www.google.co.id
www.wikipedia.com
www.detik.com

Obat Pembesar Payudara Herbal

sistematika penyusunan sangat pas untuk semua kalangan, makasih ya....

Anonim

trimakasih atas postingannya, bermanfaat banget ni...

Indra Setiawan

TRIMA KASIH ATAS POSTINGNYA
GBU :)

Ayu poenya ADA BAND

thanks

Anonim

Bedanya makalah dengan karya tulis apaan?

PULBAKET

Trima kasi

perkofashion

Makasih penjelasannya mas. sip banget ne, semuanya lengkap. pencerahan buat ngerjain tugas akhir orientasi dan magang kerja.

Poskan Komentar



Blog Ping Seach Box Free Automatic Backlink Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Sonic Run: Internet Search Engine Active Search Results