Pages

Subscribe:

Kamis, 22 Maret 2012

Serangga Tomcat dan Tips Menghadapinya

tomcat

Assalamu,alaikum Wr Wb, selamat pagi sahabat saya yang baik hatinya, hehe kaya pak mario teguh saja, tapi ga’ papa, copy dikit. Akhir-akhir ini banyak sekali berita mengenai si-tomcat, saya akhirnya juga tertarik untuk membuat artikel mengenai si-tomcat ini. Pertama kali saya mendengar nama itu (tomcat) saya kira itu adalah musuh dari si-jerry tikus, ealah ternyata bukan, lalu apa sih tomcat itu?
Si-semut kayap ini nama ilmiahnya adalah Paederus littoralis serangga ini disebut tomcat karena bentuknya sepintas seperti pesawat tempur Amerika, Tomcat F-14. Tomcat memiliki warna perut yang mencolok. Biasanyan tomcat hidup di lahan pertanian, Seperti halnya serangga yang lain, Tomcat juga tertarik pada cahaya lampu. Inilah yang menyebabkan banyak Tomcat yang masuk ke dalam rumah warga pada malam hari, dan menyebabkan penghuninya terkena racun.
Ciri Tomcat adalah, kepala warna hitam, dada dan perut berwarna oranye, serta memiliki sayap kebiruan. Tomcat tidak mengigit ataupun menyengat. Tomcat akan mengeluarkan cairan secaraotomatis bila bersentuhan atau bersentuhan dengan kulit manusiasecara langsung. Gawatnya, Tomcat juga akan mengeluarkan cairan racunnya ini pada benda-benda seperti bajuhanduk, ataupun benda-benda lainnya. Pada jenis serangga tertentu, terdapat cairan yang diduga 12 kali lebih kuat dari bisa ular kobra. Cairan hemolimf atau toksin ini disebut sebagai 'aederin' (C24H43O9N).
ika kulit terkena racun Serangga Tomcat segeralah mencuci bagian kulit yang terkena dengan menggunakan sabun, jangan diberi odolminyak kayu putihbalsem, minyak tawon maupun bedak tabur karena hanya akan memperparah keadaan. Kulit yang terkena toksin Tomcat akan merah meradang mirip herpes tapi tidak sama. Pengobatannya menggunakan salep dan antibiotik. Biasanya hydrocortisone 1% atau salep betametasone dan antibiotik neomycin sulfat 3 x sehari atau salep Acyclovir 5%. Peradangan juga dapat diredakan dengan mengkompres bagian kulit yang terkena racun dengan air dingin.
Dan saya akan berbagi tips menanggulangi merebaknya ancaman si-tomcat:
Pertama, Tutup jendela dan matikan lampu jika tidak digunakan karena Tomcat menyukai tempat-tempat yang terang.
Kedua, jangan memakai pakaian yang terbuka untuk menghindari sentuhan langsung dengan Tomcat.
Ketiga, potong tanaman yang berlebihan dan menjulur mendekati rumah. Tanaman merupakan tempat hidup Tomcat
Kalau melihat Tomcat hinggap di tangan, jangan dipencet atau dibunuh seperti mematikan nyamuk ataupun serangga kecil lainnya. Sebaiknya Tomcat ditiup hingga pergi, atau diambil dengan hati-hati menggunakan alat atau tangan yang ditutupi plastik dan dibuang ke tempat yang aman. Setelah itu cuci tangan dengan sabun dan ulangi lagi. Kalau bisa semprot serangga itu dengan racun serangga dan disingkirkan tanpa harus menyentuhnya secara langsung.
Jika telah terkena racun Tomcat, jangan digosok atau dihapus dengan tangan. Aliri dengan air, agar racun tersebut hilang terbawa air. Bawa ke puskesmas atau dokter untuk pengobatan selanjutnya.
Yah sekian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Dan jangan lupa lindungi buah hati anda agar tidak terkena racun dari si-tomcat ini.
Waspadalah waspadalah waspadalah !!!
Wassalamu’alaikumWr Wb.

5 komentar:

harga laptop

Sebenarnya di surabaya sendiri tomcat memang sudah ada dari dulu dan masyarakat pun sudah terbiasa dengan tomcat, anehnya, yg bikin isu tomcat jd besar siapa? Pemerintah kah ? Atau mungkin media yg memberitakan berlebihan sehingga seperti ada pengalihan isu?

nsr

@harga laptop
Beberapa jam yang lalu saya juga sempat mendengar berita mengenai tomcat ini yang memang sudah ada sejak dulu... tapi semua kemungkinan bisa saja terjadi, atau seperti biasa pemerintah mengeluarkan topik baru untuk menutupi sesuatu... memang masyarakat di indonesia pada umumnya sering terbuai dengan topik baru.

Anonim

se7 ,,, umang si tomcat udah ada dr dlu,,

nsr

@Muhammad Hendriansyah
iya gan...

jaka

makasih gan infonya dan salam sukses

Posting Komentar



Blog Ping Seach Box Free Automatic Backlink Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Sonic Run: Internet Search Engine Active Search Results